SEMANGAT BELAJAR TEMAN-TEMAN DAN PARA ALICIOUS&PRILLVERS

Jumat, 05 Februari 2016

Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter
                Kreatif artinya memiliki daya cipta . Orang yang kreatif adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan hal yang baru . Dengan kata lain kreatif adalah proses dari sebuah inovasi . Dengan kreatifitas akan ditemukan hal-hal yang baru yang akan lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia . Sebagai suatu contoj perbatan kreatif adalah ada seseorang yang memandang dilingkungannya ada barang yang jumlahnya sangat banyak dan barang itu akan bertambah banyak jika tidak dimanfaatkan dan bahkan barang tersebut akan dapat membuat lingkungan tidak nyaman . Sebagai seorang yang kreatif, ia berpikir agar barang itu dapat dimanfaatkan dan dapat membuat lingkungan menjadi nyaman . Kemudian ia mencoba untuk mengubah barang yang kelihatan tidak berguna itu menjadi barang yang berharga . Akhirnya, dengan percobaannya itu ditemukan bentuk barang baru yang bahan dasar nya dari barang yang jumlahnya banyak tadi .
            Dengan kreatifitas akan dihasilkan terciptanya barang baru yang lebih bermanfaat. Orang yang kreatif yang menemukan atau menciptakan barang baru disebut penemu atau pencipta (invention).  
            Orang yang kreatif mempunyai cirri-ciri yang agak berbeda dengan orang lainnya yang kreatif . Menurut Mihaly Csikszentmihaly ada 10 ciri-ciri orang kreatif , yaitu :
1.Orang-orang kreatif memiliki tingkat energi yang tinggi, tapi mereka juga membutuhkan waktu lama untuk beristirahat .
2. Orang-orang kreatif pada umumnya juga cerdas, tapi di sisi lain mereka tidak tidak segan-segan untuk berpikir ala orang goblok dalam memandang persoalan
3. Orang-orang kreatif adalah orang yang playful, tapi mereka juga penuh disiplin dan ketekunan
4. Pikiran orang-orang kreatif selalu penuh imajinasi dan fantasi, tapi mereka juga tak lupa untuk tetap kembali ke realitas .
5. Orang-orang kreatif cenderung bersifat introvert dan ekstrovert
6. Orang-orang kreatif biasanya rendah hati, namun juga bangga akan pencapaiannya
7. Orang-orang kreatif adalah androgini
8. Orang-orang kreatif adalah pemberontak , tapi pada saat yang sama mereka tetap menghargai tradisi lama .
9. Orang-orang kreatif sangat bersemangat mendalami pekerjaannya, tapi mereka juga bisa sangat obyektif menilai hasilnya .

10. Orang-orang kreatif pada umumnya lebih terbuka terhadap hal-hal baru dan sensitif pada lingkungan 


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar